Minggu, 30 Oktober 2016

INVITA

INVITA 2016
Kegiatan INVITA atau Industri Visit dan Tafakur Alam adalah sebuah kegiatan tahunan di SMP Labschool Jakarta. INVITA ditujukan untuk seluruh siswa-siswi Labschool kelas 8. Angkatan 24 akan mengikuti kegiatan ini mulai dari tanggal 19-23 Oktober 2016.

//19 OKTOBER//

Pukul 17.30 kami sudah diminta untuk berkumpul di pintu utara Stasiun Gambir. Namun perjalanan ke Stasiun Gambir sedikit padat, karena ada demo. Jadi lumayan banyak siswa Labschool yang datang terlambat, termasuk saya. Saat semua siswa sudah berkumpul, kami diberi sedikit pengarahan, dan langsung masuk ke kereta. Kami menaiki kereta Argo Lawu. Kami menjalani perjalanan selama kurang lebih 7-8 jam.

//20 OKTOBER//

Kami sampai di Stasiun Tugu sekitar jam 4. Kami segera memasuki bis sesuai kelas. Dengan mata yang masih lelah (Gerbong saya waktu malem berisik), kami melanjutkan perjalanan ke Restoran Candi Mas. Kami bersih-bersih, makan, dan shalat disana. Setelah itu kami menlanjutkan perjalanan ke tujuan pertama kami, yaitu Sabilla Farm. Sabilla Farm merupakan kebun buah naga. Disana kami mendapat banyak ilmu yang menarik dan bermanfaat.
Selanjutnya kami mengunjungi PT. Sri Rejeki Isman, atau Sritex. Pabrik ini merupakan salah satu pabrik tekstil terbesar di Asia Tenggara. Disana kami disajikan beberapa video yang menceritakan sejarah PT. Sritex, sekaligus dengan pendirinya, Muhammad Lukminto. Selain itu kami juga sempat ke showroom milik PT. Sritex.
Setelah itu kami mengunjungi salah satu toko kaos yang terkenal di Jogja. Kemudian kami check in di Hotel Cavinton, lalu beristirahat.

//21 OKTOBER//
Pagi hari, kami sudah sarapan di hotel. Kemudian kami menaiki bus sesuai kelas, lalu menuju ke Kraton Jogjakarta. Tapi kami tidak naik bus untuk ke sana. Kami menggunakan shuttle bus. Sesampainya disana, kami diberi pengarahan, lalu foto bersama. Kemudian kami mengikuti local guide yang ada. Kami mempelajari banyak tradisi dan sejarah kraton disana. Sangat menyenangkan.
Kami menuju ke destinasi kedua, yaitu Desa Giriloyo. Tujuan kami datang kesana adalah untuk membatik. Kami diajarkan oleh ibu-ibu setempat. Hasil kami memang belum sempurna, tapi kami tetap menikmatinya.
Selanjutnya kami pergi ke tempat yang mungkin sudah ditunggu-tunggu oleh siswa-siswa Labschool, yaitu Pantai Parangtritis. Disana ada yang bermain ATV, naik kuda, atau hanya bermain di pinggir pantai. Kami dilarang berenang karena ombaknya besar.
Walaupun sudah lelah karena bermain di pantai, kami tetap semangat untuk pergi ke tujuan selanjutnya, Malioboro. Karena sudah malam hari, suasana disana jadi sedikit berbeda dengan terakhir kali saya pergi kesana. Kami diberi waktu untuk berbelanja.
Kegiatan hari ini membuat saya lelah. Sampai hotel saya langsung mempersiapkan diri untuk hari esok.

//22 OKTOBER//

Hari ini pun kami sarapan di hotel. Setelah itu kami check out. Hari ini merupakan hari terakhir kami di Jogja. Setelah semua siswa sudah check out, kami naik ke bus. Tujuan kami adalah Lava Tour Merapi. Jalanan yang kami lalui agak terjal.
Akhirnya kami sampai di tempat. Banyak mobil Jeep yang sudah disediakan untuk kami. Setiap Jeep diisi oleh 5 orang. Jeep saya merupakan jeep yang pertama berangkat. Destinasi pertamanya adalah lokasi rumah yang terkena bencana letusan Merapi. Lalu dilanjutkan ke tempat Batu Alien. Pemandangannya sangat indah.
Setelah makan siang, kami menuju ke Candi Borobudur. Di Candi Borobudur kami mendengarkan penjelasan, kemudian naik ke atas, sungguh melelahkan. Tapi pemandangan yang di dapat di atas sungguh beharga.
Setelah itu, kami ke pusat oleh-oleh bakpia. Kami membeli makanan untuk dibawa ke Jakarta. Setelah itu, kami ke Stasiun Tugu. Kami shalat sambil menunggu kedatangan kereta kami. Kali ini kami menaiki Kereta Api Taksaka.

//23 OKTOBER//

Akhirnya kami sampai di Stasiun Gambir. Saya dijemput oleh keluarga. Maka selesailah kegiatan INVITA ini.