Minggu, 09 Oktober 2016

PTS Semester Ganjil

PTS Semester Ganjil 2016/2017

Pada hari Senin, 3 Oktober 2016, kami siswa SMP Labschool melaksanakan PTS, atau Penilaian Tengah Semester. Pada hari pertama ini, kami akan melaksanakan ujian pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama. Seperti biasa, kami akan memulai kegiatan ini dengan membaca doa bersama. Ujian pertama dimulai setelahnya. Setelah berdoa kami memasuki ruangan masing-masing. Saya sendiri berada di ruangan 18. Di ruangan ini tidak hanya ada siswa kelas 8, disini juga ada siswa kelas 7. Hal ini dilakukan untuk menghindari kecurangan.

Ujian Bahasa Indonesia yang saya lakukan lumayan susah. Soalnya ada sebanyak 50 butir. Di dalam soal-soalnya banyak tentang puisi dan penyairnya. Ada juga materi fabel dan berita. Walaupun saya merasa kesusahan, akhirnya saya mampu menyelesaikan ujian ini dengan tepat waktu. Saya keluar ruangan pukul 09.15 kemudian istirahat sampai jam 10.00 . Waktu istirahat ini banyak digunakan para siswa untuk belajar pelajaran yang akan diujikan selanjutnya. Pelajaran selanjutnya adalah Pendidikan Agama. Soal yang didapat sesuai dengan agama apa yang kita peluk. Karena saya muslim, maka saya mendapat soal agama Islam. Pelajaran ini memang tidak sesusah pelajaran B. Indonesia. 50 soal yang terdiri dari soal-soal tajwid, hapalan, dan lain-lain. Bel pertama berbunyi jam 11.15 dan menandakan bahwa peserta PTS diperbolehkan untuk pulang. Saya tidak langsung pulang. Saya harus mengikuti bimbingan belajar untuk pelajaran esok hari.

Hari kedua PTS dimulai. Pelajaran pertama adalah matematika. Saya sudah belajar, namun saya masih ragu karena pelajaran ini merupakan kelemahan saya. Saat memasuki ruangan tes, saya sudah merasa sangat cemas. Berbeda dengan pelajaran lain, pelajaran seperti matematika dan IPA hanya ada 40 soal. Kita juga diberi kertas buram untuk menghitung. Saya menyelesaikan soal ini sebelum bel kedua. Saya hanya berdoa kepada Allah SWT semoga nilai saya bagus.

Pelajaran kedua pada hari kedua adalah prakarya. Pelajaran ini tergolong mudah. Namun jika tidak belajar, maka akan jadi susah juga. Saya hanya sedikit belajar prakarya karena saya terlalu fokus terhadap matematika. Walaupun begitu, saya bisa melewatinya.

Hari ini merupakan hari ketiga PTS dengan pelajaran B.Inggris dan PPKn. Kedua pelajaran tersebut lumayan mudah jika belajar. PPKn dan B.Inggris masing-masing terdiri dari 50 soal.

Hari ini hari keempat. Pelajaran hari ini saya golongkan susah. Ada IPA dan Seni Budaya. IPA terdiri dari 40 soal. 20 soal untuk Fisika dan 20 soal untuk Biologi. Materi fisika yang dikeluarkan adalah gaya dan gerak, sedangkan biologi adalah alat gerak makhluk hidup. Menurut saya soal fisika lumayan susah. Untuk Seni Budaya. 25 soal tentang seni rupa, 25 soal tentang seni musik. Pada pelajaran ini banyak yang harus dihapalkan.

Hari ini hari kelima PTS, yaitu hari terakhir. Pelajaran yang akan diuji adalah IPS dan PJOK. Menurut saya kedua pelajaran ini tergolong lumayan susah. Keduanya masing-masing memiliki 50 soal. IPS memiliki banyak hapalan. Seperti negara-negara ASEAN, iklim, dll. Yang kita harus hapalkan dari negara-negara itu merupakan iklimnya, keadaan alamnya, bentuk pemerintahannya, dll. Pada pelajaran PJOK, kita harus menghapalkan teori pada kegiatan-kegiatan yang kita biasa lakukan pada jam pelajaran olahraga. Contohnya bola tangan dan lari jarak menengah. Saya sedikit kesusahan untuk menghapalkannya.


Akhirnya, PTS Semester Ganjil selesai. Kami para siswa Labschool sudah bisa sedikit lebih tenang. Kami pun pulang ke rumah masing-masing.

7 komentar: